Senin, 16 Januari 2012

Apakah Manusia Masih Menjadi Makhluk Sosial ???

Menurut kodratnya manusia adalah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat, manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, juga karena pada diri manusia ada dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain, manusia juga tidak akan bisa hidup sebagai manusia kalau tidak hidup di tengah-tengah manusia. Tanpa bantuan manusia lainnya, manusia tidak mungkin bisa berjalan dengan tegak. Dengan bantuan orang lain, manusia bisa menggunakan tangan, bisa berkomunikasi atau bicara, dan bisa mengembangkan seluruh potensi kemanusiaannya.

Seiring dengan perkembangan teknologi banyak manusia yang telah meninggalkan kehidupan sosial mereka. Banyak manusia yang lebih aktif di dunia maya ketimbang dalam kehidupan nyata mereka. Hidup mereka seolah hanya ada di dunia maya. Jejaring sosial yang sedang "in" malah membuat manusia enggan bergaul di kehidupan nyata.

Aku punya seorang teman, dia terkesan sangat tertutup dengan teman-temannya malah terkesan tidak mau bergaul. Tapi dalam "kehidupannya" di facebook dia menjadi sangat aktif dan sangat terbuka untuk berteman. Jauh berbeda di kehidupan nyatanya..

Ada satu hal yang menjadi pertanyaanku, apakah kehidupan sosial di dunia maya lebih penting dari kehidupan sosial mereka di dunia nyata mereka??? Padahal jika manusia mendapat masalah yang akan membantu adalah manusia lain di dunia nyata bukan ???
Apa teman dunia maya mereka akan slalu ada jika kita membutuhkan???

Berteman di dunia maya memang tidak salah, tapi bukan berarti melupakan kehidupan kita di dunia nyata..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar