Sabtu, 21 Januari 2012

Unforgetable Moment :)

Rasanya baru kemarin aku pergi dengan seragam putih-biru melangkah ke gerbang sekolah itu mencatat semua persyaratan masuk ke sekolah favorit itu.
Rasanya baru kemarin aku mengikuti MOS dengan rambut yang-oh-mengenaskan-sekali dikucir 5.
Rasanya baru kemarin aku pergi membeli seragam putih-abu2 ku yang pertama.
Rasanya rasanya rasanya rasanya.......


Tapi faktanya sekarang aku sudah berada di tahun ke 3 masa kuliah ku. Artinya sudah 3 tahun aku lulus SMA.
Tak terasa !
Rasanya kemarin aku masih memakai seragam itu seragam putih-abu2 favoritku itu :)

Gerbang Sekolah Itu...
Awalnya memang sempat ragu bisa menjadi siswa terpilih di sekolah favorit itu. Nilaiku termasuk "rendah" untuk ukuran siswa pilihan sekolah itu. Tiap hari doa yang kupanjatkan adalah semoga aku tak tersingkir, semoga namaku masih terpampang di papan pengumuman itu.
Dan.. Tarraaaaa ...
Ada namaku di papan pengumuman terakhir !!!
Yup, aku lolos menjadi siswa sekolah itu :)
Aku bisa melewati gerbang sekolah itu!

Bangga sih, tapi jujur aku minder. Minder karena aku bukan termasuk anak dengan "otak encer" seperti mayoritas siswa sekolah itu. Minder karena aku bukan pula anak dengan orang tua yang "berpenghasilan selangit" seperti kebanyakan orang tua siswa di sekolah itu. Impianku hanya satu , membanggakan ibu dan abi :)

Awalnya, langkahku sempat tersendat-sendat mengikuti arus..
Bisa "mati" kalau aku terus terseret arus ini. Aku mesti cari jalanku sendiri! Bagaimana caranya aku dengan kemampuan pas-pasan ini dapat ikut bersaing. Hanya aku yang tau bagaimana caranya. Kucoba cara yang membuatku tetap hidup dalam persaingan intelektual di sekolah itu.
Yaa, cukup sukses untuk anak dengan kemampuan pas-pasan.

IPA ato IPS ???
Jurusan mana yang akan kau pilih? Yang kau idam-idamkan?
Sebagian besar siswa pasti menjawab IPA. Berbeda denganku. Jujur aku memilih IPS, sudah dari SD aku memang "cinta" pada IPS, terutama paga geografi. 
Tapi kenapa aku mengisi IPA pada angket?
Itu orang tuaku yang mengisi bukan aku. Menurut mereka, IPA-lah yang terbaik, toh otakku pun masih sanggup.
Orang tua sudah berkata begitu mau bagaimana lagi? Walaupun hati tetap memilih IPS. Sempat egois dalam doaku "Ya Allah, semoga IPS bukan IPA!"
Hmm, doaku memang tak terkabul pada akhirnya, IPA  lah yang menjadi takdirku. Seorang teman pernah berkata, "kamu mah enak bisa masuk IPA, Fin. Pinter sih. Syukuri ajalah, aku yang pengin banget malah terdampar jadi warga IPS". Aku cuma bisa tersenyum kecut sambil bilang, "Hmm, aku malah pengin di IPS. Di IPA ga ada pelajaran Geografi! Ga asik. Ga ada teater juga.. kaya kamu tadi bilang, syukuri aja... Buat aku IPA atau IPS itu sama aja! Bedanya cuma A sama S doang! IPS bukan ada di bawah IPA. Ilmu Eksata emang sih lebih ribet dipelajari dari Ilmu Sosial."

Taukah yang paling aku takutkan itu apa? Kehilangan teman-teman dekatku yang sebagian memang masuk IPS. Cuma itu!

Organisasi...
Wooow. Jadi aktivis??
Hahaha, bukan prioritasku sebenarnya. Jujur aja masuk SMA ga punya bayangan mau jadi anak OSIS ato ikut organisasi apapun. Eeeh, malah kecebur di situ!
Pas ada pendaftaran LKS-GTGK aku ga mau ikutan. Alesannya simpel aja: Males!

"Fin, ayoo sih daftar. Bareng aku, aku ga ada temennya niih."
Yaa yaa yaa, cuma dengan kata-kata itu aja bikin aku ikutan -___- . Anngep aja isi waktu luang, pikirku.
Tapi emang aku dasarnya ga bisa anteng, pas ikut acara itu malah jadi aktif dan semangat. Diminta kasih pendapat yaa aku ngomong terus..
Pada akhirnya aku yang ga enak sendiri. Teman yang ngajak aku ikut acara itu ga lolos, eeh aku yang ga niat akhirnya lolos. Kebayang ga rasanya??
Taun pertama organisasiku di SMA aku ikut di MPK, bangga juga yaah nama ku ada di papan struktur :)

Taun kedua.
Hampir sama dengan taun pertama, ga punya niat ikutan LKS-GTGK lagi. Sialnya, temanku yang waktu itu statusnya adalah 16 besar calon keua OSIS mendaftarkan namaku!
Hmm,,
Aku ijin mundur ga ikut LKS-GTGK langsung ke ketua panitianya, dan taukah apa jawabannya?
"Kenapa mundur? Udah gabisa! Pokoknya kamu mesti ikut loh!" woow, ngomong gitu sambil nunjukin muka bete. Aku jadi ga enak sendiri. emang siih, hubungan sama mba ketua panitia itu cukup akrab, makanya berani ngonong langsung ga ikutan. Tapi aku salah strategi :(

Dan... sama seperti taun pertama, awalnya ga niat pas kegiatan malah jadi semangat! 
Dasar payah! Gimana mau ga dipilih kalo semangat gituu?!!
Hohoo.. aku jadi malu sendiri sebenernya,, bener kata ibu "kamu itu ga bisa diem kalo ada kegiatan, mending sekalian ikut organisasi, dari pada maen ga jelas."
Taun ke dua aku di OSIS, jadi bendahara! Kaget banget!! Kenapa aku?? Aku ga pernah "pegang duit" sama sekali :(. Mau ga mau aku mesti jalanin itu :(

Dana kegiatan sempet defisit 2x gara-gara akulah yang jadi bendahara. Terlalu nurut! Itu masalah utama kenapa bisa defisit... Pengalaman itu yang bikin aku ga mau jadi bendahara lagi sampai kapanpun...

Selain OSIS, aku juga mengabdikan diriku di Pramuka. Jadi aktivis di Pramuka juga awalnya karena "tuntutan" Ekskul wajib di taun kedua..
Entah angin dari mana semangatku selalu datang tiap ada kegiatan!
Yang awalnya ga niat ikut jadi malah terjun sampai dalam :))
Tapi aku bersyukur aku diberi kesempatan itu :))

Cinta dan Persahabatan
Ehm ehm ehm... cinta??
Ga mungkin kan masa-masa SMA ga punya cerita cinta? Minimal lirik-lirikan laaah.
Cinta itu fitrah manusia koq, bukan aib :)

Agak malu sebenernya cerita cinta. 
Masa lalu, yaa sekedar ingat boleh ga yaah?
*Maaf kalo ada yang marah

Pacaran pas masa-masa OSIS, (mantan) pacarku juga sama-sama anak OSIS dan Pramuka waktu itu. Waktu rapat disambi pacaran, ada kegiatan juga pacaran, hehe :P.
Paling ga  enak waktu udah putus. Mesti ketemu terus dalam satu kegiatan yang sama,, harus jaga hubungan baik kalo ga organisasi dan kegiatan yang jadi taruhannya..

Yang paling berkesan bukan soal cinta, tapi persahabatan :)
Di tempat itu aku menemukan banyak orang yang aku anggap sahabat.
Berbeda karakter dan latar belakang sosial tapi masih mau berbagi pengalaman, cerita, dan kasih sayang sama aku :)
Ada teman yang datang silih berganti, tapi mereka yang selalu ada di hati dan selalu dekat dengan kitalah yang pantas kita sebut sahabat.
Orang yang selalu merelakan waktunya walau hanya sekedar mendengarmu berkisah itulah sahabat...
Sahabat itu bukan "tempat sampah" ! Mereka tempat kita berbagi suka dan duka...
Aku sayang sahabat-sahabatku :)


Masa SMA memang benar-benar unforgetable moment yaah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar